Selasa, 13 Februari 2018

Explore Pantai Pink di Lombok

Pink Beach view
"No words needed. Some places just speak for themselves. This is one of them."

Setelah puas bermain di daerah Sembalun, keesokan paginya kami langsung melanjutkan perjalanan ke arah deretan pantai di pulau Lombok. Pagi itu selesai sarapan, perjalanan kembali dengan rute yang sama menuju pantai Pink. Mengandalkan sebuah google map dari Sembalun menuju pantai Pink, dengan jarak teempuh sekitar 2 jam lebih, karena terkadang jalur map yang out of location. Meski kadang rute di map tidak sesuai, tapi kami selalu menikmati setiap perjalanan, gara-gara map salah jalur, kita pun tanpa disengaja disuguhi perjalanan yang tak biasa. Panorama kanan-kiri yang kami lewati pun ajaib. Untuk menuju lokasi pantai Pink ini aja, kita salah jalur, mulai dari jalanan besar hingga melewati jalan desa yang rusak dan sempit. Di map udah pas lokasinya, tapi ternyata papan petunjuk masih mengarahkan 5km lagi, sampai akhirnya kita tanya warga lokal. Sungguh petualangan yang ajaib di Lombok ini. Deretan pantai lalu bukit-bukitnya, bikin tak biasa saya lalui di kota besar. Mulai jalanan aspal mulus hingga jalan batu yang kelewat parah, saya pun hanya berdoa supaya ban motor yang ditumpangi tidak bocor.

Udara Lombok yang panas hari itu, membuat kami berhenti sebentar untuk mengisi dahaga dan membenarkan struktur pantat kita masing-masing. Perjalanan ke pantai Pink lombok ini yang teramat melelahkan, bagaimana tidak? sepanjang 3km jalanan pasir dan batu besar, membuat saya yang berada di belakang sangat tidak nyaman, begitu pula dengan teman yang mengemudi, tidak bisa lancar membawa motornya dikarenakan kondisi jalan yang tidak rata dan rawan tergelincir bebatuan dan turunan.

Emosi kami dipermainkan dalam perjalanan menuju lokasi pantai pink, setelah sampai di loket masuk, jalan turunan dan bebatuan masih kami jumpai hingga berganti dengan pasir kecoklatan pantai pink. Sungguh perjalanan panjang, sempet emosi juga, tapi pas lihat pantai sedikit terobati, meski tak sesuai dengan ekspektasi.

Pink beach Lombok

Mungkin kalian mengira Pink beach ini ada di Flores, di Lombok pun juga ada pantai pink ini. Hanya saja kami salah waktu datang ke pantai ini, kata bapak taksi online waktu kami pulang ke bandara, harusnya datang jam 8-10 pagi, atau jam 4-5 sore karena jam segitu pasir pantai baru terlihat warna pink nya sama seperti pantai pink di Flores. Ada rasa menyesal waktu tiba di pantai Pink ini, karena akses jalan menuju pantai yang jauh dan terjal, dan hasil yang kita lihat tidak sesuai harapan, sukses membuat geram sendiri. Tapi ketika kaki ini bersentuhan dengan jernihnya air hijau tosca, dan pasir pantai yang kalo dari deket terlihat semu pink namun tak terlihat jelas jika di foto. Rasa capek, esmosi sesaat langsung "nyes" terkadang untuk mecapai tujuan tidak selalu disuguhkan pemandangan indah dan mudah, kita perlu diuji kesabaran dan rasa ingin menyerah. Untungnya view dari bukit diatas pantai ini bagus, jadi tidak terlalu menyesal sudah datang ke pantai ini.

dibalik bukit ini, ada pantai lagi

Sebenarnya kita bisa naik perahu untuk menyusuri deretan pantai yang ada disana. Hanya saja kami memutuskan untuk naik ke bukit, foto-foto dan itu panas sekali kawan. pastikan bawa kacamata hitam mu, karena waktu itu, tepat pukul 12 siang hehehehe. Puas main di bukit dan berfoto ria, akhirnya kita turun dan main air, karena matahari sedikit turun, sebelum pulang pastikan untuk "nyelupin" kaki ke air. Tepat pukul 4 sore kami melanjutkan perjalanan menuju hotel dekat pantai Kute Lombok. Ternyata perjalanan lumayan jauh dari pantai Pink, sempat nyasar salah jalur, tapi untungnya akibat salah jalur tadi, kita dibawa ke perjalanan yang keren, sepanjang jalan disuguhi bukit-bukit hingga jalanan di pinggir pantai. ya Allah sungguh indah bumi Lombok ini, perjalanan yang tidak bisa dilupakan begitu saja.