Sabtu, 02 September 2017

Trip to Pahawang Lampung with Low budget

Pahawang Beach


Sometimes you just need a break in a beautiful place alone to figure everything out. A white noise is all you’ll need. The voice of nature is what I prefer.

Sendirian, bukan berarti kita tidak bisa apa-apa. Sendirian belum berarti tidak happy!
Bepergian sendirian bukan hal baru bagi saya, beberapa tempat pernah saya kunjungi hanya seorang diri. Bukan karena tidak ingin rame-rame, tetapi saya hanya ingin menantang diri saya sendiri, untuk berani melakukannya, berani memutuskan saya harus begini, berani untuk berkenalan dengan orang-orang baru yang belum saya temui, dan berani dalam hal-hal kecil lainnya. Ketika berjalan seorang diri di tempat wisata ataupun tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, membuat diri kita berani memutuskan sesuatu dengan cepat dan singkat. Ketika berjalan sendirian, kita tidak perlu banyak kepala, untuk urunan pendapat, dan menentukan pilihan mau kemana kita selanjutnya.

Kali ini, saya datang ke Lampung. Dengan waktu yang terbatas untuk menentukan saya akan kemana pada saat di Lampung, dan wisata apa saja yang bisa saya kunjungi dengan waktu yang terbatas, agar tidak sia-sia. Tentukan destinasi kunjunganmu terlebih dahulu sebelum datang ke tempat tujuan, itu yang harus kita pikirkan, agar tidak buang-buang waktumu yang sudah terbatas. Browsing tempat wisata lewat sosial media, tanya orang sekitar lokasi wisata yang ingin kita kunjungi. Sabtu pagi di kota Lampung dengan cuaca yang mendung, saya putuskan untuk ke pulau pahawang. Pulau yang lagi hits ini, menjadi andalan wisata di Lampung. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata pantai jika kalian berkunjung di Lampung. Beberapa pantai yang bisa jadi option pilihan waktu disana yaitu;
Pantai Sri Ringgung, Pantai Mutun, Pantai Klara, Pantai tanjung putus, Pantai pasir putih, dan masih banyak pantai lainnya. Karena pulau pahawang butuh waktu nyebrang, jadi kita perlu waktu seharian kalau mau ke pulau pahawang. Dari kota Bandar Lampung, saya naik taksi online, dengan perjalanan sekitar 1 jam jika jalanan lancar. Saya join one day trip dari @pahawang.trip bisa langsung search instagramnya, biasanya mereka ngadain trip di hari sabtu-minggu dengan biaya Rp 180.000 per orang, jadi pas banget waktu itu saya join hari sabtu, meeting point langsung di pelabuhan ketapang jam 08.00 pagi. 


pintu masuk pulau pahawang


salah satu pintu akses di pulau pahawang


Perjalanan dari pelabuhan ketapang ke pulau pahawang membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan perahu bermotor. Jadi usahakan jika kalian ingin lebih lama menikmati pantai bisa datang lebih pagi, atau bisa banget kalo nginep di sana, karena banyak sekali homestay warga yang disewakan, atau kalo pengen lebih menikmati alam, bisa juga ngecamp disana. 

homestay yang disewakan oleh warga lokal

spot pantai yang oke buat santai


Saya sendiri tidak tahu luas pulau pahawang, karena memang tidak ada waktu untuk explore pulaunya. jadi kita hanya bermain di pinggir pantai sambil makan siang dari travel trip yang saya ikuti. Tidak hanya di pantai pulau pahawang saja, kita diajak snorkling di spot-spot yang hits dikunjungi wisatawan, salah satunya di taman nemo, dan beberapa spot snorkling lainnya. Tidak hanya snorkling saja, kita juga mengunjungi spot bagus buat foto-foto, hanya saja cuaca lagi mendung jadi saya tidak bisa dapet view pantai dengan warna birunya yang aduhai. 


Beberapa spot-spot snorkling yang ada di pulau pahawang :


spot snorkling taman nemo

harus banget foto underwater disini


terumbu karang dan beberapa ikan-ikan kecil yang cantik

Dari beberapa spot underwaternya, pulau pahawang termasuk jadi salah satu wisata jujukan wisatawan lokal dan mancanegara, karena katanya ada satu pantai yang menjadi tempat turnamennya peselancar, karena memiliki ombak yang gak kalah dengan pantai di Bali. Berlanjut dari pulau pahawang besar, saya dan rombongan trip melanjutkan explore ke pulau pahawang kecil. Di pahawang kecil kita bisa turun dan bermain di pantainya, kalau air laut surut kita bisa jalan-jalan menyusuri pasir putih yang timbul diantara pulau-pulau di sekitarnya, keren banget viewnya, tapi sayang lagi-lagi cuaca sedang tidak berpihak pada saya waktu itu.


Pasir timbul di Pulau Pahawang kecil

berasa privat beach


Puas banget seharian explore pulau pahawang dan sekitarnya, meskipun cuaca lagi mendung, yang penting gimana cara kita menikmati liburannya, bukan malah kecewa karena gak dapet foto keren gara-gara cuaca. Karena alam gak bisa di prediksi,jadi kitanya aja yang bisa buat setiap perjalanan jadi bermakna. Tips ketika kita ngetrip sendirian, jadilah orang yang berani malu, meski gak ada yang kenal, bisa minta tolong orang lain fotoin kita. Dimanapun itu jangan takut buat tanya-tanya apalagi minta fotoin hehehehe...

dapet teman baru asal Palembang

teman-teman baru selama trip di Pahawang

travel mate yang selalu kubawa :)


Jadi, buat kalian yang pengen solo traveller jangan kuatir mati gaya. Kita bisa nikmatin liburan, pengalaman apa yang kita dapat selama di perjalanan, jangan takut jadi gak asyik atau ngeBetein, selama kamu bisa nikmatinnya. Budget trip ke Pahawang pun sangat murah meriah, tinggal cari info trip yang ada di instagram, kita udah bisa liburan murah dan menyenangkan guys. Selamat mencoba jadi solo traveller, karena setiap perjalanan, kita yang ciptakan keseruan dan kesenangannya :)


salam ransel,

Nenny :)



ps: jika ada pertanyaan tentang trip ke pahawang bisa komen dibawah ya, thank you




Tidak ada komentar:

Posting Komentar