Sabtu, 30 September 2017

Explore Bali ( part 2)

Pura Ulun Beratan


Sore hari di danau Beratan, cuaca mendung ditemani semilir angin, menemani kunjungan saya sore itu. Bali dengan sejuta tradisi dan wisatanya, membuat Bali dikenal wisatawan dunia akan tradisi dan keunikannya. Suasana dingin di lereng gunung, dengan pesona danau yang ditengahnya terdapat pura Ulun Beratan yang eksotis. Sore itu saya dengan rombongan berkunjung di salah satu ikon pulau Bali, dan gambar pura beratan juga dicetak di uang pecahan Rp 50.000. Jika kalian mengunjungi Bedugul, harus mampir ke pura ulun beratan ini, karena lokasi yang berdekatan dan suasana danau beratan yang indah dengan pura ditengah-tengah danau.


masih berada di komplek pura ulun beratan


Setelah dari danau beratan, kita lanjut lagi ke salah satu desa yang lagi hits di sosial media. Desa wisata Penglipuran terkenal sebagai desa terbersih dan terunik. Mengapa jadi desa terunik, karena di desa wisata Penglipuran ini mempunyai tradisi untuk melarang laki-laki di desa tersebut berpoligami. Karena jika mereka melanggar aturan desa, mereka diharuskan untuk keluar dari rumah dan tinggal di sebuah rumah di pojok desa yang bernama 'karang memadu'.

Desa adat Penglipuran
Desa Penglipuran ini terletakdi lereng gunung, menjadikan suasananya sejuk dan asri dengan rumah warga yang sama persis terdapat gerbang di pintu masuk setiap rumah di desa tersebut. Waktu pas kesini seharusnya pada waktu hari raya Kuningan, pasti suasana desa menjadi semakin meriah dengan ornamen janur di setiap rumah warganya.




Setelah puas berada di desa Penglipuran, kita melanjutkan perjalanan ke Pura Tirta Empul, yang lokasinya tak jauh dari desa Penglipuran. Pura Tirta Empul ini masih berada satu lokasi dengan Istana Presiden tapak siring,namun istana presiden ini sudah tidak boleh dibuka untuk umum.


wisatawan bermandian di salah satu sumber mata air suci

di pura tirta empul ini banyak wisatawan asing maupun lokal yang ingin mensucikan diri mereka di kolam mata air suci di kawasan pura. Mata air ini dipercaya masyarakat hindu di Bali sebagai mata air yang dapat membersihkan tubuh dari hal-hal buruk. Makanya banyak sekali orang-orang yang ingin mandi di mata air tersebut, karena gratis hehehe.


sesaji di dalam pura tirta empul


Jika kalian kesini setiap wisatawan harus memakai kain batik khas Bali untuk di pakai sebagai bawahan, gunanya untuk menghormati pura yang suci. Seperti ketika masuk tempat ibadah lainnya, kita pun harus menghormati setiap aturan yang diberikan.



Pandawa Beach


Kalau bicara soal Pantai Pandawa, siapa sih yang gak pernah ke pantai yang ada di Bali? pasti semua pantai baru maupun lama yang ada di Bali selalu menjadi hits destinasi wisata. Sudah terlalu sering main ke pantai Pandawa, jadi waktu disana ya cuma foto-foto aja trus balik lagi ke bis. Cuaca terik dan panas bikin males berlama-lama di pantai, kalau ke pantai jangan lupa bawa sunblock biar gak gosong meskipun cuma sebentar.

Setelah dari pantai Pandawa, di hari ke tiga saya dan rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke Surabaya, melewati jalur utara pulau Bali. Dengan jalanan yang naik dan berliku, bikin seisi bis merasakan mual, tapi untungnya hanya sebentar, hehehe....




Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca di blog saya.

cheers,



Nenny



2 komentar: