Jumat, 26 Mei 2017

Wisata Buku di Kampung Ilmu Surabaya

deretan buku buku murah


Siapa yang tak tahu buku buku di jalan semarang Surabaya? tempat jujukan para mahasiswa maupun warga Surabaya untuk berburu buku murah. Kalau di Jakarta ada Kwitang, di Jogja ada pasar buku Taman Pintar, nah di Surabaya pun gak mau kalah, ada Kampung Ilmu yang menjual buku buku bekas maupun baru dengan harga miring. Dulu sebelum menjadi kampung ilmu, di Jalan Semarang ini banyak sekali kios-kios buku di pinggir jalan, hingga membuat macet lalu lintas di sekitar jalan semarang sampai ke stasiun Pasar Turi ini. Maklum kondisi jalan di sini sangat sempit dan sering macet, untuk membuat nyaman pengguna jalan, maka kios-kios yang tadinya di pinggiran jalan, dipindahkan di suatu tempat yang bernama " Kampung Ilmu".


Surga bagi Pecinta Buku

Bagi pecinta buku seperti saya, Kampung Ilmu ini menjadi sasaran tujuan saya ketika Toko Buku besar harganya masih tinggi, bukan berniat untuk membeli yang palsu juga, cuma harga disini lebih miring dibanding Toko Buku besar. Buku-buku disini pun beragam, kita harus pintar - pintar juga untuk memilih, jangan sampai tertipu yang bajakan ya. Di sini juga banyak buku bekas dengan kondisi masih bagus, buku-buku lama tentang sejarah, sastra, hingga buku-buku pelajaran apapun ada disini. Para mahasiswa pun banyak yang mencari buku-buku pelajarannya di sini, karena memang jauh lebih murah dari pada yang dijual di toko buku. Saya pernah iseng muter-muter setiap kios yang ada di kampung ilmu ini, dari sekedar iseng-iseng, saya menemukan novel sastra asli dengan cover cetakan pertama, seperti novelnya Pramoedya, kalau kamu jeli dan beruntung, kamu bisa menemukan novel asli dengan harga miring. Dan masih banyak lagi buku-buku lainnya yang bikin pengen beli semuanya.


lorong kios-kios yang ada di kampung ilmu

Lokasi kampung ilmu ini berdekatan dengan stasiun Pasar Turi Surabaya, jika kalian bukan penduduk Surabaya asli, bisa dicari lewat gugel map, lokasinya berada di jalan Semarang. Banyak kios-kios buku yang berada di kampung ilmu ini, jadi tak usah khawatir jika kalian tak menemukan buku di satu kios. Membeli buku di kampung ilmu ini 'untung-untungan' kalau kalian beruntung bakal nemu buku cetakan resmi yang asli dengan harga terjangkau, harganya sekitar Rp. 20.000 sampai Rp. 50.000. Tapi sayang hari ini, saya tidak beruntung, gak ada satupun novel yang saya cari dengan cetakan asli, kebanyakan yang bajakan.  Bagi pecinta komik, disini juga dijual komik-komik lama dengan harga per komik Rp 3000 sampai Rp. 5000, sungguh murah kan?

harus jeli mencari buku yang asli

tumpukan buku - buku 


Bagi kalian yang igin berburu buku murah di Surabaya, coba kunjungi Kampung Ilmu mungkin kalian beruntung bisa menemukan buku dengan cetakan asli yang dicari. Selamat berburu buku!
cerita minggu ini untuk #1minggu1cerita.








9 komentar:

  1. noted ! Insya Allah mampir kesini kalau ke Surabaya nanti

    BalasHapus
  2. Ah, saya belum sempat2 ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah luangkan waktu kesini mas, seruuu. terima kasih sudah mampir membaca

      Hapus
  3. Waaahhhh bisa kalapppppp kalo nemu tempat beginiiiii 😱😱😱

    BalasHapus
  4. Asslamualaikum, Ada sesiapa atau toko di kampung ilmu yg boleh saya hubungi (FB, Whatsapp) untuk mencari buku2 novel atau komik lama di Kampung ilmu ini, terimakasih

    BalasHapus