Rabu, 31 Mei 2017

Surabaya724 : Selamat Ulang Tahun kota kelahiran!

Surabaya 724 ( Suro dan Boyo )


Sugeng Ambal Warsa Suroboyo!

Kota kelahiran, tumbuh kembang di kota terbesar kedua setelah Jakarta, merasakan perkembangan kota yang semakin pesat dan berubah mempercantik diri. Surabaya semakin cantik, karena tangan dingin seorang Bu Risma, yang sangat detail terhadap tatanan di setiap sudut kota Surabaya. Kini umurmu semakin tua, saksi sejarah perjuangan arek-arek suroboyo pun masih melekat kuat di setiap sudut kota. Setiap tahunnya di bulan Mei, adalah bulannya kota Surabaya, berbagai acara menyambut HUT Surabaya selalu digelar meriah. Jika kalian pendatang, jangan lewatkan HUT Surabaya tiap tahunnya, yang paling banyak ditunggu adalah SSF nya, (Surabaya Shopping Festival). Tiap awal bulan Mei, semua Mall di Surabaya berbondong-bondong memberikan diskon gila-gilaan, tak tanggung-tanggung di salah satu Mall terkenal di Surabaya pun menggelar Late Night Shopping yang diskonannya bisa nyampe 70% - 90% loh. Gimana gak tergiur kalo liat diskonan kayak gitu? dan masih banyak lagi acara yang digelar untuk menyambut ulang tahun kota Surabaya, contohnya: Parade Bunga yang digelar awal bulan, semacam pawai dengan peserta dari berbagai masyarakat dan kantor-kantor pemerintahan turut hadir menyemarakkan HUT Surabaya tiap tahunnya.


pawai bunga melintasi jalan protokol di Surabaya.
source google

penari tradisional Remo, ikut memeriahkan pawai
source google

Tidak hanya pawai bunga saja, masih banyak acara yang digelar, bagi penyuka kuliner, setiap tahunnya Surabaya selalu menggelar Pasar Malem Tjap Tunjungan. Kalau dulu pasar malem tjap tunjungan berada di kawasan jalan tunjungan dan dalam sehari ditutup untuk pasar malam, nah sekarang dipindah tempatnya berada di kawasan Surabaya Timur, di parkiran mall Pakuwon City dan waktunya pun satu bulan, jadi kalian bisa puas datang dan berwisata kuliner disana. Beragam kuliner ada disana, dari jajanan khas surabaya sampai makanan kekinian pun ada di sana, jadi jangan khawatir bagi kalian yang datang dari luar kota masih bisa mencicipi kuliner dengan suasana Surabaya tempo dulu.

suasana pasar malam tjap tunjungan

kuliner sambil merasakan suasana Surabaya tempo dulu

Tidak hanya kuliner, beragam perlombaan pun digelar, salah satunya yang sangat ditunggu warga Surabaya maupun warga asing yang tinggal di Surabaya, adalah Festival Rujak Uleg. Rujak uleg adalah salah satu makanan khas Jawa Timur, dan makanan satu ini sangat digemari siapa saja, kalau datang di Surabaya belum lengkap kalau belum mencicipi rujak ulegnya. Festival Rujak Uleg ini diadakan setiap tahunnya, untuk memperingati HUT Surabaya. Pesertanya bermacam-macam, dari sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintahan, hingga warga asing yang bekerja dan tinggal di Surabaya. Hampir 1000 orang peserta rujak uleg, dan jangan kkhawatir bagi yang ingin mencicipi silahkan ambil tanpa bayar alias gratis bagi pengunjung.


nguleg rujak dengan kostum beragam

salah satu acara yang meriah setiap tahunnya

Masih banyak lagi acara yang digelar pada saat ulang tahun Surabaya, ada lagi acara Surabaya Urban Culture Festival, yang diselenggarakan di kawasan jalan Tunjungan dengan beragam kuliner dan cerita sejarah kota Surabaya. Masyarakat pun memenuhi sepanjang jalan Tunjungan, dengan berlatar belakang bangunan tua di kota Surabaya, yang menjadi icon kota dari jaman dulu hingga sekarang. Surabaya Urban Culture menyajikan seni, budaya dari masyarakat kota Surabaya jaman dahulu hingga sekarang yang semakin berkembang maju, namun tidak akan pernah melupakan sejarah kotanya. Biasanya menampilkan beberapa pertunjukan seni, misalnya ludruk khas suroboyoan, tari-tarian tradisional, permainan tradisional hingga yang modern sekarang ini.





permainan tradisional "Dakon"


seni ludruk dan lainnya ikut menyemarakkan 


suasana sepanjang jalan Tunjungan Surabaya


Kini kota Surabaya tak muda lagi, kota yang semakin berkembang pesat dan semakin mempercantik diri. Kota kelahiran, hingga besar ini, sudah melewati perubahan yang sungguh membuat bangga warga kotanya. Terima Kasih bu Risma, sudah membuat Surabaya berubah wajah hingga seperti sekarang ini. Saya bangga lahir dan tumbuh di kota ini dengan segala keunikan dan tradisinya. Sekali lagi Selamat Ulang Tahun kota tercinta Surabaya ke 724, semoga lebih cantik dan bersih lagi, dan semoga tidak ikut-ikutan macet seperti Jakarta :)




cerita minggu ini untuk #1minggu1cerita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar