Minggu, 26 Maret 2017

Tempat asyik buat baca Buku, C2o Mini Library

C2o Mini Library

Bicara soal perpustakaan, pasti banyak yang mengira tempat yang formal, dengan banyaknya rak buku, dan meja baca di sekelilingnya. Lalu tempat yang monoton, kaku dan gak menarik buat berlama-lama di dalamnya. Nah itu yang selalu saya lihat ketika saya bepergian ke sebuah perpustakaan kota atau daerah, atau perpustakaan yang berada di sekolah maupun kampus saya dulu. Saya sendiri, berkunjung ke sebuah perpustakaan umum pun bisa dihitung jari, kalau dulu waktu kuliah, gara-gara mencari data buat bahan skripsi, jadi harus berlama-lama ngendon di dalam perpustakaan. Lalu pernah saya PKL jaman kuliah juga di sebuah perpustakaan daerah di kota saya, selama 2 minggu saya magang di perpustakaan tersebut. Lagi-lagi saya melihat konsep perpustakaan yang formal dan monoton, dengan banyaknya rak buku dan meja baca yang terkesan klasik banget. Mungkin emang konsep perpustakaan sendiri harus seperti itu, atau memang ada aturan yang harus di patuhi oleh semua perpustakaan umum atau yang ada di sekolah maupun di kampus. Tapi bagi saya yang juga pecinta buku, sebenarnya agak bosan juga jika berkunjung ke perpustakaan. Karena tempat dan penataan interiornya yang cenderung membosankan. Sampai akhirnya saya menemukan satu tempat baru di Surabaya, dan ternyata adalah mini library. Mungkin tempat ini tidak terlalu baru juga sih, mungkin saya aja yang baru tahu kalau di Surabaya ada tempat asyik buat baca buku.


Konsep Perpustakaan minimalis ala Luar Negeri

Minggu kemarin, saya berkunjung pertama kalinya ke C2o. Saya penasaran pertama kali tahu nama tempat ini, saya kira tempat distro vintage gitu, ternyata perpustakaan mini yang konsepnya kayak perpustakaan kecil di luar negeri. Rak buku yang digantung di sebuah tembok dengan tangga kayu untuk mengambil buku-buku yang letaknya di rak paling atas, menambah aksen vintage klasik. Entahlah saya selalu suka dengan konsep design unfinish gitu, tembok batu bata merah yang dibiarkan jadi latar belakang rak buku kayu, membuat perpaduan yang pas, membuat spot keren untuk di foto. Tempat yang tidak terlalu besar, membuatnya lebih nyaman untuk kita berkeliling mencari buku-buku yang ada di sana. Tempat ini terdiri dari 2 lantai, lantai atas disewakan untuk work space, acara meeting atau diskusi lainnya. Buku-buku disini jumlahnya cukup banyak, ada yang dari koleksi pemiliknya sendiri, dan ada juga yang berupa sumbangan atau titipan orang lain. Disini kita juga bisa pinjam bukunya, tinggal daftar sebagai member Rp. 50.000 dan biaya sewa per buku Rp 6000 saja. Kalau cuma sekedar baca buku di tempat pun juga bisa tanpa harus menjadi member.

front desk

Lantai atas disewakan untuk work space

Di C2o ini juga sering ngadain acara-acara sastra seperti pemutaran film indie, atau diskusi buku yang semua acaranya sukses dipenuhi pengunjung dari dan luar kota Surabaya. C2o ini ternyata sudah dibuka sejak tahun 2008, bertempat di jalan Dr. Cipto 22 Surabaya. Banyak kegiatan yang sudah digelar di mini library ini dan sudah banyak media luar maupun dalam negeri yang menulis kegiatan di C2o ini, bisa dilihat di https://c2o-library.net/


Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Surabaya atau yang akan berencana ke Surabaya, boleh sempatkan waktumu mampir ke C2o ini. Tempat yang nyaman buat baca buku atau sekedar ngobrol dengan teman atau sambil selfie ria. Karena disini banyak spot keren buat foto-foto sih, (maafkan saya suka banget hobi selfie di tempat yang keren kayak gini :p). C2o ini juga punya akun instagram yang bisa kalian kepo-in, mereka selalu posting beragam informasi menarik disana. Bagi kalian yang ingin menyumbangkan bukunya kesini juga bisa, langsung kontak aja di web nya.




koleksi buku di C2o

Bagi kalian yang mau bikin acara atau co working, mereka sewain tempat juga, ada di lantai atas atau di halaman belakangnya, bisa langsung dilihat di webnya aja biar jelas.


sudut untuk baca buku yang nyaman

Di minggu ke 9 ini, saya ajak berkunjung ke perpustakaan mini yang ada di Surabaya, untuk #1minggu1cerita, semoga bermanfaat dan terima kasih yang sudah membaca :)





6 komentar:

  1. Buat mojok patjaran juga bisa kayaknya ini yaaaa 😂😂🤣🤣🤤🤤😘😘

    www.iamandyna.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhhehe bisa jadi mbak, tempatnya enak banget, apalagi buat nyepi hehehe

      Hapus
  2. Keren deh. Kenapa kalo yang bukan milik pemerintah selalu lebih keren ya daripada perpusda/perpus umum 😢

    Tatat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mbk, sbenernya sayang skali lo, harusnya bs lebih nyaman dan keren kan dibiayain pemerintah hehehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. ada mas, di belakang perpus itu ada warung bisa mesen kopi dan makanan juga kok :)

      Hapus