Senin, 26 September 2016

Ngetrip Semarang (part2)

Umbul Sidomukti

One's destination is never place, but a new way of seeing things

Lanjutan dari yang part pertama, di Hari kedua saya mendapat pinjaman motor dari teman saya yang ada di Semarang. Alhamdulilah akhirnya dapat kendaraan juga, sempet khawatir gak bisa dapet sewa motor, bisa buyar semua rencana ngetrip kali ini, namun akhirya berjalan lancar juga.

Di hari kedua, saya memutuskan untuk explore yang agak jauh dari kota Semarang. Kita menuju Ungaran, Bandungan, ini seperti dataran tingginya kota Semarang. Setelah tanya teman sana sini, tempat apa lagi yang bagus viewnya dan gak terlalu jauh kalo di tempuh menggunakan sepeda motor. Pada waktu di hotel saya sempet browsing tempat-tempat ketje di Semarang, tujuan awalnya pengen ke Brown Canyon, tebing kapur bekas penambangan pasir di daerah kabupaten Semarang ini sangat terkenal di Instagram, namun pada waktu saya tanya teman, ternyata tempat ini sangat jauh kalo ditempuh pake sepeda motor, dan juga area tambang pasir jd lebih baik menggunakan mobil jika kesana, karena debunya sangat pekat. Brown Canyon Coret.

Setelah Brown Canyon gagal, track list kita menuju Pantai di utara Semarang, pas waktu lihat di Instagram lumayan bagus sih, tapi pas kita tanya sama orang asli sana bilang kalo gak bagus, dan sayang kalo cuma ke pantai aja. Pantai Coret.
List selanjutnya menuju Hutan pinus yang ada di daerah getasan, namun lagi-lagi jarak yang jauh dan cuma satu wisata aja yang ada di sana akhirnya kita gak kesana. Hutan Pinus Coret.
Akhirnya tujuan kita di hari kedua menuju Ungaran karena disana wisata yang dituju banyak, dan view kota Semarang bisa terlihat dari atas lereng gunung Ungaran ini. Berdasarkan info dari teman, disana ada tempat bagus-bagus dan itu letaknya sangat berdekatan satu sama lain, jadi gak bakal rugi kalo explore kesana karena bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Oke lets ride to Ungaran.

Umbul Sidomukti

kolam renang di atas awan

Perjalanan dari kota Semarang menuju Ungaran ditempuh kurang lebih 2jam perjalanan santay. kita berhenti untuk makan pada waktu udah masuk kawasan Bandungan. jalannya lurus aja, waktu itu saya dari jalan Dr Cipto ke arah petunjuk ke Solo/Jogja, melewati bukit Gombel terus naik ke atas, jalanan naik dan sedikit berkelok. ini jalan menuju Pagoda watugong, namun masih terus lurus menuju Ungaran. setelah melewati Ungaran di sebelah kanan jalan ada petunjuk masuk ke arah Bandungan jadi kalo kalian dari arah Semarang harus putar balik dulu ya. kalo sudah berada di area Bandungan, kalian akan terus menemui jalanan naik dan berkelok, seperti jalanan naik gunung pada umumnya, namun disini tidak terlalu curam jalanannya yang penting tetap hati-hati dan saya sarankan lebih baik gunakan motor matic aja supaya gampang. papan petunjuk menuju umbul sidomukti jelas terpampang di sebelah kanan jalan, kita memasuki area rumah warga yang jalanannya cukup nanjak tajam, dan gak ada jalanan datar, disarankan harus hati-hati jika masih ada mobil di depan kalian. Setelah sampai di area umbul sidomukti, kalian menuju parkiran motor lalu dilanjut jalan kaki menuju area kolam renang. Jika kalian ingin outbound, kalian bisa bayar tiket permainan yang kalian pilih. Di Umbul Sidomukti tersedia beberapa permainan outbound yang bisa dinikmati rame-rame, salah satunya ada Flying fox, kereta terbang, APV, dan masih banyak lainnya. Jika kalian ingin menikmati sambil berendam di kolam alami yang katanya kolam di atas awan ini, kalian bisa membawa baju ganti atau baju renang sambil menikmati pemandangan indah dari kolam renangnya. Jangan khawatir untuk berenang kalian gak pake bayar, alias gratis.

ada sewa kuda untuk berkeliling

Yang mau outbound ada jalan turun kebawah

Wisata umbul sidomukti ini sangat lengkap, semuanya terletak menjadi satu lokasi. setelah puas outbound maupun berenang, kalian bisa menikmati sore yang cantik dengan hawa pegunungan yang mulai dingin menyentuh kulit. Pilihan yang pas jika kita berada di daerah gunung adalah Kopi. Masih satu lokasi dengan kolam renang, di atas tempat kolam ada satu tempat ngopi yang keren. Namanya Pondok Kopi Umbul Sidomukti, meski kita harus naek lagi ke atas, tapi jangan salah pemandangannya gak kalah ketjehnya dari kolam renang yang ada di bawah. Jalanannya agak nanjak ya, jadi kalo kalian kesini malam hari harus extra hati-hati jika kalian membawa motor. Pondok Kopi ini memang berada di lereng gunung Ungaran dan masih satu lokasi dengan kolam umbul sidomukti, jadi puas banget kalo kalian memilih destinasi wisata ini. Di lokasi ini pun tersedia penginapan mirip resort gitu, keren banget lah pokoknya.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti

view outdoor Pondok Kopi

Sensasi ngopi dengan view pegunungan Ungaran memberikan satu kenikmatan yang lengkap bagi penikmatnya. Pondok kopi ini buka dari siang hingga pukul 12 malam. Kata orang sekitar sih, lebih mantap kalo dateng kesini di sore hari sampai malam, suasananya enak banget. Waktu itu saya kesini jam makan siang, tapi cuacanya sejuk banget panas tapi adem, nah lo gimana ya itu, pokonya nyaman banget lah, ini destinasi recommended banget bagi para penikmat kopi maupun hanya sekedar nongkrong cantik diatas gunung hehhee...

area Hits nya Pondok Kopi yang Instagram-able

Kalo kalian mau lanjutin naek ke atas lagi, kalian akan menemukan wisata Candi Kenteng Songo, dan yang mau ngecamp juga ada Basecamp Mawar gunung Ungaran. Waktu saya kesana banyak juga pendaki yang naik ke atas, jadi kangen ngecamp lagi di gunung :(