Sabtu, 20 Februari 2016

Jelajah wisata Bandung - Part 2

Dusun Bambu Lembang

masih sambungan part 1

Setelah dari Farmhouse lembang, saya melanjutkan perjalanan menuju ke Dusun Bambu lembang, jarak dari Farmhouse ke dusun bambu lumayan jauh dengan perjalanan sekitar satu jam dengan jalan kelok naik dan turun khas daerah pegunungan, tapi jangan khawatir selain udara gak seberapa panas, kita juga diberi pemandangan yang keren selama perjalanan. Tapi kalo pake mobil agak memakan waktu lama karena pada saat liburan lalu lintas ke Lembang dan sekitaran tempat wisata sangat padat dan terkadang macet total. Lebih disarankan buat kalian yang pake mobil, berangkat agak pagi deh daripada macet dijalan.

Satu jam perjalanan menuju Dusun Bambu, akhirnya kita masuk di pelataran parkir dusun bambu, bayar parkirnya aja Rp. 10.000 itu buat motor loh, gak tau lagi kalo mobil, cukup mahal sih untuk parkirnya, namanya tempat wisata pasti sedikit mahal. Untuk tiket masuknya Rp.35.000 aja per orang, kita bisa jalan kaki atau naik kendaraan yang disediakan khusus dari objek wisatanya, kayak angkutan terbuka gitu. Tapi kalo mau jalan kaki gak jauh banget kok, kita bisa lewat sawah-sawah dan jalanan bambu ala pedesaan yang alami dan asri ya sambil poto-poto dg spot sawah yang keren.

kayak sarang lebah ya

bisa maen air atau dayung perahu

Dusun Bambu ini menciptakan konsep suasana desa yang alami banget, dari namanya aja uda kebayang kan gimana konsep objek wisata ini. Di tempat ini di bagi beberapa tempat, kalo mau makan di atas pohon dengan suasana tempat makan di dalem rumah lebah, kalian bisa langsung ke rumah pohon kayak gambar di atas, nah yg kayak rumah lebah itu buat tempat makan private gt. Tapi kita boleh kok sekedar foto-foto disana. Buat kalian yang ngajak anak ada spot khusus buat anak-anak, konsepnya lucu banget saya yakin anak-anak dibuat betah di arena bermain itu.

ini salah satu spot bermain buat anak-anak

Buat kalian yang cuma menikmati makan sambil liatin danau buatan, bisa banget pesen makanan di saung saung yang khusus di bikin kayak suasana di desa, dulu pas baru tau ada tempat ini di Bandung cuma liat di foto-foto di Instagram, saya kira saung-saung itu tempat nginep gitu, eh ternyata tempat makan aja, but great concept. Dan aslinya jauh lebih keren banget lah, tempatnya luas ada cafe sama food area juga, ada taman-taman buat ala-ala piknik gitu, ada sungai buatan lengkap batu2 kali dan air yang jernih ala pedesaan. Gak bakal nyesel kalo berkunjung kesini rame-rame sama keluarga atau teman-teman.

nih spot pas buat piknik keluarga

Next destination....

Planetarium Boscha

Kalo ingat tempat ini, pasti inget kan film petualangan sherina di tahun 90an,hehehe bagi anak angkatan 90 an pasti inget banget sama lokasi yg ada di film itu. Termasuk saya, salah satu yang ngefens banget sama film itu ketika saya masih sd kalo gak salah hehehe (keliatan banget umurnya) oke abaikan yang itu. Nah salah satu tempat wajib dikunjungi kalo ke Bandung ya pastinya planetarium Boscha ini. Satu2 nya yang ada di Indonesia lo, jadi rugi banget kalo gak mampir ke Boscha waktu travelling ke Bandung. Gara-gara film petualangan sherina juga yang bikin saya punya mimpi jadi astronot supaya bisa liat bintang2 langsung dari langit. Keren ya film anak-anak jaman dulu, gak kayak sekarang yang isinya sinetron melulu.

Pas ke Boscha emang mereka gak buka kunjungan, di gerbang depan udah di tulis di papan, Tutup untuk kunjungan, buka kembali pada tgl 2 Januari. emang kalo waktu liburan Boscha sering tutup jam kunjungan, jadi kalo kalian cuma sekedar foto-foto di depannya aja boleh banget asal harus ijin satpam yang bertugas ya. Karena kemaren saking antusiasnya, saya dan teman saya langsung lari aja, eh diteriakin sama satpamnya, dengan bahasa sunda yang artinya kesini mbak, lapor dulu ke satpam kalo mau foto2, gitulah intinya hehehe

di Boscha cuma sejam, puas poto2 langsung cuss ke destinasi selanjutnya, yaitu ke Maribaya yang katanya sih wisata baru di lemabang. waktu itu uda jam 3 sore, dan mendung romantis di Lembang, jadinya kita kejar-kejaran sama cuaca.

next destination...

Maribaya resort Lembang

maribaya resort lembang

Setelah dari teropong bintang Boscha, kita lanjutkan perjalanan menuju Maribaya resort, jarak dari Boscha ke Maribaya lumayan jauh, kira-kira sekitar 45menit dan cuaca waktu itu juga sedikit mendung, jadi kita berharap jangan sampe ujan,padahal masih jam stengah 4 sore, kita tiba di Maribaya. tak pikir panjang kita langsung beli tiket 35rb rupiah untuk masuk ke dalam. Dan wisata Maribaya ini termasuk masih baru diresmikan jadi masih belom sempurna pembangunannya. Pas kita kesana agak sepi karena mepet banget sama jam tutupnya yaitu jam 4sore. Jadi kita punya waktu setengah jam buat masuk dan poto-poto di dalem. Untungnya area wisata ini tidak terlalu luas jadi kita bisa sepuasnya poto-poto pas kebetulan sepi juga jadi berasa kita sendiri yang punya hehehe. Oiya di sini juga ada penginepannya, dan ada arena bermain buat anak-anak. ada kolam pemandian air panas juga, dan sisi belakang juga ada air terjun kecil yang deras banget arusnya, dengan suasana Lembang yang dingin cocok buat yang pengen berendam air panas.

area bermain untuk anak-anak, lucu kan

Di Maribaya juga ada outbondnya juga, dan pastinya ada cafenya. Area bermain untuk anak-anak lucu banget kalo dilihat dari atas ya. Disini juga ada rumah hobbit yang versi kecil dan pastinya lebih sepi dari Farmhouse heheheh.

rumah hobbit versi kecil

suasana taman belakang dengan latar belakang air terjun kecil

Karena masih baru dibuka, jadi pembangunannya belum maksimal, masih banyak area yang masih di perbaiki, termasuk area penginapannya. jadi kalo sekedar berkunjung aja dan foto-foto juga masih fresh banget belom terekspose oleh wisatawan luar juga. Jadi yang pengen travellingnya gak menstrim cobak deh kesini hehehe...