Senin, 18 Januari 2016

jelajah wisata Bandung ala Backpacker - Part 1

Braga street one of the famous street in Bandung

"dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi" -Pidi Baiq


Pernah tau kan quote dari Pidi Baiq itu terpajang gede dimana?
Bagi warga lokal Bandung pasti akan tau, bahkan aku pun juga meng amini, meski bukan orang asli Bandung. Aku sangat mengagumi ibukota Jawa Barat ini setelah kota Jogja dan kota kelahiranku sendiri. Pertama kali ke Bandung tahun 2013 lalu, gak lama juga di bandungnya cuma stay 2 hari dan itu pun cuma ke pasar Gedebage dan muter muter ke FO aja sih. Makanya liburan Tahun Baru ini kumanfaatkan lagi liburan panjangku explore ke kota kembang ini. Dengan rencana yang mepet, pesen tiket kereta api pun juga mepet, rencana awal tanggal 23 desember sampe natalan disana. Dan ternyata waktu mau beli tiket ke stasiun keabisan tiket di tanggal tersebut, dan akirnya kita puter jadwal di tanggal 28-2 januari. Puas banget di Bandung sampek 6 hari, aku berangkat cuma berdua sama temen cewek, nginepnya nyari gratisan biar ngirit budget juga. Memanfaatkan kantor bapak ku di balai latbang BKKBN bandung yang lokasinya masih di tengah kota deket rumah sakit Hasan Sadikin Bandung.Dengan nyewa motor disana selama 4 hari dengan biaya 100rb/hari lumayan juga buat ke lokasi wisata yang pengen dikunjungi. 
Tips: kalo gak mau banyak biaya buat transportasi, mending nyewa motor di sana, caranya browsing aja di gugel pasti banyak persewaan motor dan no hp yang bisa dihubungi, kita tinggal nego aja sama yg punya rental motornya. eh iya bisa di anter jemput kok motornya jadi kita gak usah repot2 lagi, trus juga gak ribet pake syarat ini itu, tinggalin aja sim A ato KTP beres deh.

Karena budget kita gak banyak, jadi selama 6 hari di Bandung kita harus pinter2 aturpengeluaran tak terduga. kalo aku kemaren sih, buat makan dll, sehari makan nasi sekali aja trus kalo lapar tinggal beli camilan, dan rata2 cemilan di Bandung bikin kenyang banget. Cilok,cireng dll bikin kenyang, kalo ke Bandung gak nyobain kulinernya sayang banget kan. Karena kita suka banget kulineran alhasil sebelum nyampe Bandung uda browsing kuliner enak di Bandung yang gak ada di Surabaya. Akhirnya menemukan beberapa kudapan yg wajib dicoba selama di Bandung. nih aku kasi tau listnya sapa tau pas jalan2 ke Bandung bisa cobain:

kulineran murah ala kita:
1. hari pertama yg kita coba adalah Lotek
sejenis sayuran dengan bumbu kacang, kalo di Surabaya semacam gado-gado gitu. lokasinya di warung pinggir jalan arah ke Lembang.

2. trus kita nyobain kue cubit, mie tek tek (di wisata dusun bambu), trus malemnya pengen yang anget2 kita nyobain surabi enhaii yg rame di jl setiabudi.(ini recommended banget dicobain, rasanya enak banget pilihan rasanya juga banyak ada yg manis ada yg asin tergantung selera)

3.hari ketiganya aku nyobain cireng isi bumbu kacang di jalan cipaganti, di cemil di penginepan dan itu udah kenyang banget rasanya. jadi lumayanlah gak kluar duit lagi buat makan malem. dan masih banyak lagi kuliner bandung yang hits banget, salah satunya aku nyobain telor bakar di jln phh mustofa, unik banget. dan makanan yang terlewatkan pas di bandung pengen banget nyobak seblak tapi apalah daya belom keturutan.


Begitulah Bandung dengan segala keunikan kuliner dan pesona kota beserta alamnya yang indah banget. Gak afdol kalo gak ke tempat2 hits yang lagi happening banget di Instagram. akhirnya selama 4hari full kita berkeliling ke tempat2 wisata yang lagi hits di bandung sekarang ini.Buat kalian yang minim budget banget, mending pilih wisata yang bener2 recommended si, karena dari banyak wisata di Bandung yg menurutku gak seberapa recommended bgt buat dikunjungi. Tapi ya kalo cuma sekedar tau aja bolehlah. Dan rata2 tiket masuk ke beberapa tempat wisata tergolong agak mahal bagi backpacker kayak kita, so cari tahu dulu tiket masuk sebelum kesana ya guys.

Nah semoga dengan tulisan ku ini bisa bantu kalian yang mau ngetrip ala backpacker kayak aku.

Day 1

Trip hari pertama, pagi-pagi jam 7 udah cus ke arah Lembang, dari tempat kita nginep ternyata gak sulit buat nyari jalan ke arah lembang, tinggal ikutin aja papan petunjuk warna ijo deh, lewat jalan setiabudi naek ke atas, ngelewati Universitas Pendidikan Indonesia, terus aja sampek jalanan mulai naek-naek. Dan waktu kemaren aku kesana tanggal 29 desember jalanan ke arah Lembang udah macet aja dari jalan setiabudi. naek terus udah kliatan antrian mobil-mobil yang mau naek ke Lembang juga. Nah ada untungnya juga pake motor bisa nyalip-nyalip di jalanan kecil hehehe jadi gak berhenti lama juga.

Destinasi pertama kita adalah Farmhouse.
ternyata lokasi Framhouse ini gak jauh banget dari jalan raya Lembang, akhirnya kita pun mutusin utk berhenti dan parkir motor di warung kecil yang jual Lotek, katanya sih parkiran di dalam penuh banget maklum musim liburan sekolah dan katanya juga tempat wisata ini baru dibuka beberapa bulan lalu. Gak kebayang kan gimana ramenya orang-orang yang pengen tau tempat baru ini. Dengan bayar 20rb kita uda dikasi gratis susu coklat di pintu masuknya. Sebenernya tempatnya gak seberapa besar juga, cuma konsep wisata ini dibikin mirip kayak di luar negeri. dari Bangunannya, jalanannya kayak di belanda gitu. Gara-gara rame pengunjung juga jadi kita gak bisa leluasa poto-poto. Dan satu lagi yang bikin rame tempat ini, gara-gara ada satu lokasi yang dibikin mirip kayak rumah Hobit di film The Hobbit. sempet muter-muter nyari lokasinya, ternyata ada di dekat pintu masuk hehehe... masuk ke Farmhouse dibikin kayak labirin tempatnya, tapi keren sih kalian juga bisa foto ala2 noni belanda yg kayak di label susu cap nona hehhee. nih beberapa spot yg ada di Farmhouse Lembang.



ini sebuah mini shop

nah kalo spot yang ini berasa kayak di Paris yah, ada gembok2nya gitu, pintu masuknya lewat mini shop gambar yg di atas tadi








Masih d Farmhouse Lembang, nih tempat lagi hits banget buat foto-foto. jadi pas liburan tahun baru kemaren penuh banget tempatnya. jadi jangan harap kalian mau leluasa foto-foto kalo udah rame gini. yang ada gak mood. Di Farmhouse kemaren aja juga cuma setengah jam aja, muter2 poto2 dikit udah deh cabut lagi ke next place.


nah ini nih yang banyak diminati orang2 waktu ke Farmhouse kemaren, sampai mau foto aja harus antri panjang 



ini salah satu bangunan di Farmhouse kayak shop gt, banyak pernik2 dapur dari kayu. keren deh






continue part 2.....

17 komentar:

  1. Balasan
    1. Hai, salam kenal... Bisa dibaca lanjutan ceritanya udah saya posting sampe part 4, thx ya ud baca

      Hapus
    2. Hai, salam kenal... Bisa dibaca lanjutan ceritanya udah saya posting sampe part 4, thx ya ud baca

      Hapus
    3. cari tempat dibandung nyaman dan bersih harga terjangkau langsung saja hubungi web kami http://www.zbackpacker.com/

      Hapus
  2. hay, lanjutin dong ceritanya :) aku pengen banget nih main kebandung, mm boleh minta id line ga? pengen nanya2 :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah saya posting sampe part 4 say, silahkan di baca, ada id line ku nenzlestari

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. cari tempat dibandung nyaman dan bersih harga terjangkau langsung saja hubungi web kami http://www.zbackpacker.com/

      Hapus
  3. cari tempat dibandung nyaman dan bersih harga terjangkau langsung saja hubungi web kami http://www.zbackpacker.com/

    BalasHapus
  4. Hai makasih kak..aku gak kpkiran loh bisa nyewa motor..mkirnya nyewa mobil ajaaaa..makasih kaaaak

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Ini link sambungan ceritanya
      https://ranselnona.blogspot.co.id/2016/02/jelajah-wisata-bandung-part-2.html?m=1

      Hapus
  6. keren ya wisata lembang bandung liburan akhir tahun harus kesini nih

    BalasHapus
  7. Dapatkan Promo Sewa Mobil Jogja Murah hanya di 25TransWisata - Yogyakarta. Harga Sewa Mobil Jogja Tipe Agya, Calya, Xenia, Avanza 12 Jam IDR 450.000 / 12 Jam Include Mobil, Driver & BBM. Harga Sewa ELF Jogja Mulai IDR 750.000 / 12 Jam. Sewa Bus Yogyakarta 30 - 35 - 50 - 55 Seat Mulai IDR 1.750.000 / Fullday. Promo Sewa Mobil Murah ini Hanya Bisa Anda Dapatkan di 25TransWisata - Yogyakarta. Pesan Sekarang Juga! Call / WA: +62 812 - 3996 - 2880 / Line: @25TransWisata.

    BalasHapus
  8. Sangat membantu dan tempatnya menarik salam dk tour jogja

    BalasHapus