Kamis, 13 November 2014

Pantai Nganteb Malang selatan: dengan batu karang dan bukit yang indah

Nganteb Beach

Hai guys, udah lama ini gak posting tulisan lagi, maaf lagi sibuk-sibuknya hehehe, padahal ya gak juga sih. Oke deh langsung aja aku mau cerita sedikit tentang backpackeran ku tentang Pantai, masih belom bisa move on dari Pantai nih. Kali ini aku ceritain pas aku dan temen-temen camp di salah satu pantai yang masih belom ada yang tau lokasi nya. Ini masih di deretan pantai di Malang selatan. Yang sudah jelajah pantai malang selatan pasti ada yang tau nih, nama pantai ini. Yang belom, semoga bisa kesana setelah aku ceritain ya...

Waktu ke pantai ini, kalo gak salah tahun lalu atau beberapa bulan lalu ya, hehhee agak lupa tanggalnya, tapi aku gak akan pernah lupa perjalanan dan momen-momen keren pas kemping di pantai, apalagi bareng temen-temen yang super duper seru, pasti gak akan pernah lupa deh.

dari Surabaya, kita berangkat hari jumat pagi sekitar jam setengah 9 pagi, kita ber 8 dengan 4 sepeda motor ala touring gitu. Sambil bawa ransel dan carrier di pundak, udah kayak mau minggat seminggu di gunung, padahal cuma semalem nginep di Pantai Malang selatan. Tujuan kita waktu itu, menuju pantai Nganteb di daerah selatan kota Malang, arah ke pantai Balekambang. Cerita sedikit tentang Pantai Nganteb, jarak tempuh yang lumayan jauh dari pusat kota Malang, mengharuskan kita beberapa kali berhenti dan tanya-tanya lokasi menuju pantai ini, maklum aja kita semua belom ada yang tau lokasi pantai ini, jadi kita nekat aja kemping ke Pantai Nganteb ini. Pantai Nganteb ini dikenal dengan pantai religi, karena di area pantai terdapat makam dan ada gua untuk semedi.

Jadi kalo kalian berniat mengunjungi pantai ini, dari arah kota Malang langsung aja liat papan petunjuk jalan yang mau ke pantai Balekambang. Ikuti aja terus papan lokasi di jalan ke arah Balekambang, karena pantai Nganteb ini satu jalur dengan pantai Balekambang. jika kalian sudah memasuki daerah Hutan kayu jati, ada jalan cabang 3, kalo lurus akan ke pantai Balekambang, kalo ke kanan ke pantai Kondang Merak, dan jika ke pantai Nganteb kalian belok kiri. Gak perlu khawatir nyasar, karena ada papan petunjuknya di jalan cabang 3 itu. Nah buat yang pake sepeda motor rame-rame sedikit hati-hati ya guys karena kondisi jalan yang makadam alias jalan masih belum mulus, batu-batu besar kerap kali kalian temui di sepanjang jalan menuju Pantai Nganteb. Sepanjang jalan berbatu dan naik turun, kita bisa liat pemandangan bukit kapur di sebelah kiri dan kanan, dan terlihat gersang. Yang bawa mobil, harus dengan mobil yang berukuran besar, karena kasihan banget mobilnya kalo melewati jalan yang rusak begitu hehhee. Di pertengahn jalan kalian menemui jembatan besi ini.

menuju pantai kalian akan melewati jembatan ini

sungai yang airnya hijau, waktu itu musim kemarau jadi surut

Kira-kira perjalanan dari Surabaya sampe ke Pantai sekitar 6 jam ditempuh dengan sepeda motor, berhenti sekitar 3x, untuk makan, isi bensin dan istirahat dikala capek.Kita semua sungguh menikmati perjalanan dengan suka cita, sampe pengen cepet nyampe aja, soalnya uda gak sabar pengen liat pantai dan bangun tenda di pinggir pantai hehhee.

Tepat pukul 4 sore, kita tiba di area parkiran pantai Nganteb, gak seperti pantai- pantai yang belom terkenal, pantai ini uda ada losmen atau resort kecil-kecil di sekitar pinggiran pantai. Warga sekitar menyediakan khusus jika ada pengunjung yang sengaja ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman mereka. Jangan takut juga keabisan makanan, karena warga sekitar juga banyak yang buka warung disekitar pantai, toilet pun ada, dengan air bersih bukan air asin dari pantai loh. Tapi kali ini, kita ingin mendirikan tenda di pinggir pantai, karena kita pengen menyatu dengan alam dan bener-bener menikmati setiap detik keindahan panorama di pantai malam hari. Nah kapan lagi kan, kita bisa tidur dengan suara deburan ombak pantai, lalu kita ber api unggun di bibir pantai sambil nyanyi atau nyemil dan pandangi bintang di langit, it was wonderful moment guys. Makanya cobain deh, kemping di bibir pantai sama temen-temen mu lalu tidur di hamparan pasir putih, dan memandangi langit penuh bintang, sangat romantis bukan? eits jangan salah, gak harus sama pacar loh, untuk ciptain momen romantis, aku aja sama temen-temen juga bisa bikin susasana jadi hangat dan romantis, hehehe.... ( maklum gak ada pacar waktu itu).

sampai di area parkiran pantai

pantai utama

Jadi Pantai Nganteb ini dikelilingi bukit-bukit dan karang, setelah dari area parkir, kita langsung tertuju ke hamparan pantai, dengan pasir yang luas, di sebelah kiri terdapat petilasan diatas bukit. ketika kita menaiki bukit, kita bisa melihat pantai disebelahnya, dan ternyata ada jalan menuju ke pantai sebelah, gak terlalu lebar karena pantainya juga diapit bukit, jadi kalo dilihat seperti teluk. Kalo foto diatas itu pantai utamanya, jadi pengunjung lebih banyak bermain di pantai utama dari pada ke pantai yg sebelahnya. Berhubung aku dan teman-teman mau kemping jadi milih pantai yang sebelahnya, jadi kayak private beach gitu, keren kan?

nah ini foto pantai Nganteb dari atas bukit

kita kemping di pantai yang ini, udah kayak private beach bukan?

Seru abis pokoknya, bangun tenda di pinggir pantai, sambil bikin api unggun dan liat ombak pantai. Sore hari di pinggir pantai, gak afdol kalo cuma ngeliatin aja. kita langsung main air di pinggir pantai sambil nungguin ombak yang datang, seseruan bareng temen-temen itu gak bisa digantiin dengan apapun. Jadi buat kalian yang mau merencanakan liburan bareng temen, gak usah jauh-jauh, ke Malang selatan juga seru kok. silahkan dicoba guys. Oiya jangan lupa sesudahnya jangan meninggalkan sampah di daerah pantai ya, jaga kebersihan alam kita.

Salam Ransel!

sunset di pantai ini juga keren lo...

jump jump jump.....

cocok juga buat yang lagi galo nih... hehehe

foto dari puncak bukit, bisa lihat pantai-pantai sekitarnya..

salam ransel dari kita....