Rabu, 24 September 2014

Snorkling rasa Diving di Pulau Menjangan part 2

bersama teman-teman dari Jelajah Senja


Awal September kemaren, lagi lagi saya ikutan trip temen kuliahku dulu yang bikin opentrip ke Menjangan lagi. Seperti ketagihan dan pengen lagi balik ke pulau itu, ya maklum aja waktu pertama kesana dulu bener-bener singkat dan cepet banget rasanya, jadi belum puas aja gitu explore pulau dengan underwater yang super duper keren banget. 

Kali ini kita berangkat dari surabaya, naik elf menuju pelabuhan ketapang, pukul 3 pagi uda sampe di depan pelabuhan ketapang Banyuwangi, masih terlalu pagi untuk nyebrang, jadi kita nunggu subuh dulu di depan masjid deket pelabuhan, sambil ngopi-ngopi cantik di indomaret deket situ. kita ber 7 orang, ceritanya nih temen kuliah dulu bikin travel kecil-kecilan yang biasanya ngadain opentrip tiap bulannya. Sedikit promosiin ya, namanya Jelajah Senja bisa cek di facebook nya dan di twitter dengan nama @jelajahsenja  kalo pengen tau destinasi mana aja yang mau mereka datengin bisa di cek langsung ke twitter atau di FB dan kalo mupeng sama foto-foto trip mereka bisa di cek di akun Instagram mereka di @jelajahsenja. Dijamin lebih murah daripada trip-trip lainnya hehehhe, meski termasuk baru, tapi jangan salah uda banyak destinasi yang mereka tawarkan, dari bulan Mei tahun ini mereka buka opentrip pertama ke Ijen, baluran dan pantai Bama. selanjutnya trip mereka ke goa pindul Jogja  dan masih banyak lagi, silahkan cek langsung twitter dan fbnya.

Oke lanjutin lagi trip ke Menjangannya ya.....
tepat jam 4 pagi kita baru nyebrang, kurang lebih satu jam setengah berada diatas kapal Ferry, dan melihat panorama sunrise diatas kapal berlatar lautan selat Bali itu sungguh emejing. Dari gelapnya malam di kelilingi lampu-lampu dermaga, berganti dengan cahaya merah merona dari balik gunung di Banyuwangi, sedikit-sedikit menyembul diantara awan yang mencoba menutupi sinarnya kala itu. Tak lupa dan tak mau menyia-nyiakan momen langka, akirnya kita berfoto- foto dengan latar belakang sunrise dan lautan. Subhanallah sungguh Nikmat mana yang ku dustakan? panorama pemberian Tuhan yang sungguh indah ini. 


Sunrise diatas kapal di selat Bali 



what do yo feel when you see a beautiful view like that...

Membunuh waktu menyebrang dengan berfoto-foto ria itu adalah pilihan yang tepat ketika kalian bosen banget. Sukses mengumpulkan pose foto-foto diatas kapal, gak sadar ternyata kapal udah melipir aja ke pelabuhan Gilimanuk Bali. Saking antusias banget foto sunrise waktu itu. Kami pun beranjak turun dari atas kapal menuju mobil untuk selanjutnya berangkat menuju lokasi pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat. Dari pintu keluar pelabuhan ikuti arah jalan menuju arah singaraja, nanti ada pertigaan belok ke kiri, kalo terus menuju ke Denpasar. Setelah ambil jalan ke kiri ikuti aja arah jalannya, menuju pantai banyuwedang, banyak juga papan petunjuk yang mau ke pulau Menjangan, jadi gak usah takut nyasar deh, gampang banget rutenya.

Setelah tiba di lokasi Banyuwedang, kami pun bersiap-siap berganti pakaian dan menyiapkan peralatan snorkling. Waktu itu kami bertemu pak Saiful tour guide kita selama berada di pulau Menjangan, sebelum snorkling kita mengisi perut dulu makan pop mie, supaya gak terlalu kosong perut. Akhirnya persiapan kami selesai, dan langsung menuju kapal yang mengantarkan kita menuju lokasi pulau, objek penyelaman beragam di pulau Menjangan, sesuaikan dengan skill kita aja, maklum rata-rata dari kami adalah pemula jadi kita disarankan oleh pak Saiful ke objek pertama di coral garden, yang katanya dari jarak 1 meter aja kita udah bisa liat terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik dan unyu-unyu.Lanjut ojek kedua menuju pure yang ada di pulau menjangan, dari atas kapal kita langsung snorkling di area itu dengan kedalaman hampir 10 meter. Gak usah dibayangin deh, kayak apa bagusnya pemandangan di bawah kita pas snorkling, dijamin bikin ketagihan yang tadinya takut langsung ilang takutnya.

Dua kali mengunjungi Pulau Menjangan gak buat saya kapok, malah jadi ketagihan pengen kesana lagi dan lagi, pengen snorkling lagi dan lagi, padahal udah nelen banyak air asin di perut tapi kalo udah liat pemandangan bawah lautnya, sumpah deh pasti gak mau pulang, pengen tinggal aja gitu di bawah laut hehehhe (agak lebay kalo ini).

Nih buat kalian yang penasaran, dijamin pada mupeng deh :)




teriakan Gembira diatas kapal, padahal angin dan gelombangnya kenceng lo :p





i meet nemo, so funny


Gimana guys, uda mupeng belom sama foto-foto underwaternya? ini belom seberapa dibandingin kalo kamu langsung nyemplung dan melihat live bawah lautnya. Karena pemandangan dunia bawah laut itu sungguh misteri dan emejing banget. Eh yang gak bisa renang, jangan takut, gak bakal tenggelam deh kamu, kan ad jaket pelampungnya safety banget kok, soalnya temenku juga gak bisa renang, pertama snorkling agak takut dia, tapi setelah liat panorama bawah lautnya, mendadak berani dia dan ketagihan hahahha....

aku saranin deh banyak-banyak olah raga sebelum snorkling, dua kali snorkling di lautan gini, nafas dan tubuh jadi daya tahan utama lo. karena tenaga kalian akan terkuras abis, kalo gak pake jaket pelampung, soalnya kita bakal ngelawan arus yang gede banget, bisa-bisa kamu terseret arus gelombang cinta, eh gelombang lautan sih hehhee maaf typo dikit :p.

Selamat berkunjung ke pulau Menjangan guys, nikmati semua ciptaan dari Tuhan yang diberikan ke kita cuma-cuma, kita hanya perlu menjaganya aja, dan melestarikan keindahan bawah laut yang tak terhingga ini. Jangan buang sampah sembarangan ya di laut, kasian ikan-ikan kecil yang hidup di bawahnya. Selamat ber Traveling teman-teman,

Salam Ransel :)




Thanks to Jelajah Senja for awesome trip, good luck guys for the next trip :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar