Kamis, 12 Juni 2014

Taman Buah Mangunan Jogja, Bukan taman buah BIASA!

" hah, cuman taman buah biasa aja kali, knapa kita harus kesana?"
" jangan negatif dulu, cobak gugling dulu baru komentar" jawabku sambil senyum senyum nakal.

#lanjutan...

#destinasi kedua...

Hai guys, ini lanjutan cerita perjalananku ke Gunungkidul waktu tahun baru kemaren. Awalnya sempet pesimis bisa gak ya nyampe ke tempat-tempat yang agak susah akomodasinya. tapi setelah nyari info sana sini, dan gimana caranya bisa kesana hanya dengan naik angkutan umum aja, supaya ngirit juga sih. Akhirnya saya memilih tempat wisata ini di hari kedua liburan bareng kedua temanku.

Oke setelah hari pertama kita bermain-main air di Goa Pindul, Hari keduanya kita memutuskan untuk naek-naek ke puncak gunung. Masih di daerah Jogja, kita menuju ke daerah Bantul -Imogiri. Gak terlalu lama kok kalo naek bis menuju kawasan wisata ini. Kita harus ke Terminal Giwangan dulu buat nyari Bis yang menuju arah Bantul Imogiri. Setelah tanya sana sini, sampe hampir salah masuk bis juga, hehehe tapi akhirnya kita di tunjukkan sama sopir bisnya, kalo bis yang ada tulisannya Bantul itu bisa dinaiki.

Yap, kita naek minibus tujuan Bantul-Imogiri, dan kata sopir bisnya, nanti kita disuru turun di terminal Imogiri. Dari terminal Imogiri, kita gak bisa naek angkutan, harus ojek motor hingga ke puncak.
sekitar 2 jam perjalanan berada di minibus, akhirnya kita sampai juga di terminal Imogiri. Dan si sopir bisnya berbaik hati sama kita, kita dikenalin sama tukang ojek deket terminal, dan setelah tawa-menawar harga ojek sampe ke puncak dan PP, kita dapet harga Rp. 30.000 per ojek, jadi PP ya sekitar 60 rb an lah per orang. Sebenernya sih agak mahal juga, tapi buat pemula dan gak ngerti juga kayak kita, jadi ya di iyain aja lah, dari pada harus nebeng mobil kap terbuka yang biasanya sama warga sekitar dipake untuk belanja ke pasar dan angkut sayur mayur.

Kata tukang ojeknya butuh waktu 1 jam setengah untuk sampe ke atas puncak, dengan kondisi jalan yang berkelok dan tanjakan tajem di setiap tikungan. Gak salah juga sih, kalo butuh waktu lama, tapi bener-bener sensasinya itu yang bikin kita penasaran, kayak apa sih kalo uda sampe di puncaknya. Nah ini ada beberapa foto yang saya ambil waktu di perjalanan sampai ke tempat Taman Buah Mangunan.

* Maaf banget kalo foto agak sedikit goyang, dikarenakan ambil fotonya pas lagi naek motor hehhee, jalanan naik turun uda kayak mood aja naik turun *loh.

* Jangan kaget jika kondisi jalan yang berkabut dan terlihat sepi, semakin ke puncak kabut terlihat begitu tebal, dan waktu itu memang lagi musim penghujan jadi sering banget turun hujan di atas puncak.

* Pas sampe di puncak, kita trekking dulu kira-kira 10 menit untuk naek ke puncak, dan sayang banget lagi-lagi kita di sambut sama kabut yang parah. sampe gak keliatan pemandangan sungai yang ada di bawahnya. Sempet kecewa juga sih, uda jauh-jauh kesini dan disambut kabut tebal, jadi gak keliatan kerennya. Tapi tunggu dulu, kita masih beruntung kabutnya segera ilang, dan kita masih bisa melihat pemandangan yang epic dari atas ini, meski kita harus dihadang hujan juga sih. Anyway Tuhan masih memberi gambaran indah untuk kita sehabis Hujan turun hehehe :)

*nih foto diatas sehabis hujan, kabutnya parah banget kan sampe gak keliatan apa-apa.

* setelah hujan deras, akhirnya kabut dan mendungnya lewat, dan tampaklah pemandangan yg keren banget dari puncak.
Tapi jika kalian datangnya pas musim panas pasti lebih keren lagi view nya :)
sungai yang ada di bawah itu adalah sungai oya, mengalir hingga ke laut selatan, sekedar info kata pak penjaganya, kalo pas musim panas trus kalo kita datang pas menjelang sore, kita bisa liat matahari tenggelam dari puncak dan kadang juga bisa keliatan laut selatan, Parangtritis gitu.
keren banget kan? belom lagi kalo pas musim panen buah, kita bisa langsung petik buah dari pohonnya.

*nah ini penampakan dari bawah pagar, ada beberapa pendopo untuk kita berteduh.

ini salah satu trek atau jalan menuju pos pantau puncak, yang bawa motor bisa langsung di parkir sampe ke puncak, tapi kalo yang mobil ya parkirnya di bawah ya.

Kapan lagi bisa nikmatin sensasi petik buah dan liat panorama sungai Oya dari atas bukit Taman Buah. buat yang hobi bersepeda extreem, bisa juga nih kesini, ada arena khusus sepeda yang pengen macu adrenalin di taman buah ini, tapi sayangnya waktu itu abis hujan jadi gak sempet foto arena pacu buat bersepedanya.Anyway  daripada penasaran langsung dateng aja deh kesini, dijamin seru dan gak kecewa.