Selasa, 29 April 2014

Pulau Gili yang ini bukan di Lombok

Mungkin bagi sebagian orang, pasti akan menyangka yang sama seperti saya, jika mendengar nama Gili pasti bisa ketebak nama-nama pulau yang ada di Lombok.

dan ketika tau di daerah Probolinggo ada pulau yg bernama sama, sontak saya kaget bukan main *agak lebay sedikit sih hehehe* tapi dari pada penasaran akhirnya saya browsing dari google akan keberadaan pulau itu, dan voilaaaaa.....
gambar-gambarnya keren abis dah.
dan seketika itu saya mengiyakan ajakan salah satu teman saya untuk menuju kesana dengan bersepeda motor.
butuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari kota Surabaya menuju kota Probolinggo.
sangat mudah menemukan rute menuju pulau Gili Ketapang ini.
tujuan utama ke pelabuhan tanjung tembaga Probolinggo, lalu kita tanya saja sama orang disana kalau mau nyebrang ke pulau gili ketapang lewat mana, pasti nanti diarahkan jalannya.
setelah sampai di parkiran sepeda motor kita langsung bertemu dengan kapal motor yang mengangkut orang-orang pulau gili ketapang beserta barang belanjaannya, cukup murah sekali nyebrang dengan perahu motor disana. hanya dengan 5000 rupiah perjalanan 30 menit terasa cepat, karena pemandangan biru dan luasnya lautan bikin mata sejuk.

cerita sedikit ya tentang pulau ini

konon katanya keberadaan pulau ini sangat misterius, berdasarkan info penduduk lokal dan mbah goggle kalau dulunya pulau ini sempat bergabung jadi satu dengan pulau jawa tepatnya ya di Probolinggo di kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo.
nah tiba tiba secara gaib pulau gili ketapang ini lama lama bergeser ke tengah laut, dikarenakan erupsi gunung Semeru.
entah benar atau tidak, sekarang pulau gili ketapang berada di 8 km lepas pantai ini, memiliki panorama yang sungguh mencengangkan, gak kalah dengan panorama di pulau pulau lain.
untuk itu saya bangga bisa pergi ke pulau ini, karena belum banyak orang yang tau tentang keberadaan pulau gili ketapang ini beserta panorama yang tersembunyi.

gak usah banyak omong ya, langsung aja saya pameri foto-foto hasil jepretan saya sendiri :)







nah itu ketika baru mendarat di pulau gili ketapang, pelabuhannya masih sederhana dengan perahu perahu nelayan yang parkir, waktu itu udara sangat panas dan terik, 2x panas kota surabaya waktu itu





salah satu tepian pantai di pulau gili ketapang, waktu itu saya bersama teman2 mengelilingi pulau ini sekitar 2 jam dengan berjalan kaki, coba bayangkan terik matahari membuat kami sering berhenti mencari warung membeli minuman... benar benar panas udara disana. dan jangan heran jika sepanjang jalanan di pulau ini gak menemukan jalan raya.
jelas aja, jalanan di pulau ini seperti gang kecil di kampung-kampung, jalanan sempit yang hanya cukup dilalui sepeda motor saja. rumah rumah penduduk disana pun sangat berdekatan satu sama lain.





meski padat penduduknya namun di pulau gili ketapang ini masi ada spot spot indah untuk di eksplor buat foto foto. di sisi atas pulau atau bagian ujung pulau ini terdapat pohon-pohon mengering yang terlihat ranting-rantingnya saja. seperti bukan di Probolinggo, bahkan waktu saya share di facebook atau instagram banyak yang mengira itu berada di luar negri hehehe.








sayangnya waktu ke pulau gili ketapang, kami gak bermalam alias tidak menginap, dikarenakan perbekalan kita yang seadanya dan gak berniat untuk menginap jadi kita memutuskan untuk kembali ke pelabuhan tanjung tembaga di sore hari.

setelah puas mengelilingi pulau gili ketapang ini dan puas berfoto foto ria, akhirnya kita berjalan kembali ke pelabuhan dengan mnyewa perahu motor untuk mengantarkan kami kembali ke probolinggo.

catatan kecil saja sih, sebenarnya pulau ini bukan untuk tujuan wisata, dan disana gak ada yang namanya penginepan, homestay atau apapun, jika mau bermalam di pulau gili ketapang, ya harus bawa tenda atau perbekalan kemping lainnya.
so coba deh kalo ada hari libur main-main kesana, datang pagi hari dan pulang di sore hari udah bener bener puas kok :) selamat ber backpacker kawan.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. waktu saya kesana pas gak bawa alat snorkle jd belom nyobain snorkling, tapi pas disana liat ada kapal berhenti di tengah gt ada penumpang yg snorkling di sekitar situ. karena pulau ini bukan tjuan wisata jadi lebih baik tanya sama warga sekitar

      Hapus